Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan Saluran Akar (PSA) perlu dilakukan jika karies sudah mendekati atau mencapai ruang pulpa pada gigi yang terinfeksi dan rasa sakit sudah tidak dapat berkurang lagi. Tujuan dari terapi pengobatan atau Perawatan Saluran Akar (PSA) adalah untuk mempertahankan fungsi gigi sebagai pengunyahan dan estetika. Menghindari penggantian gigi sangat penting karena berdampak pada kerugian material gigi.

alasan lain untuk terapi saluran akar adalah kebutuhan untuk pengisian sangat besar, karena darah tidak mengalir di sekitar necrosed gigi, risiko infeksi bakteri pada substansi gigi lebih tinggi. Gigi meradang dapat menyebabkan masalah-masalah lain seperti miokarditis, radang occular dan urologis. Pulpitis juga bisa disebabkan oleh atrofi gingiva kronis bila tidak ada tulang yang cukup untuk menutupi gigi pada leher gigi atau dikarenakan dari cedera pada gigi.

Gejala-gejala pulpitis:

  • nyeri, baik spontan atau dipicu oleh panas, dingin, atau saat mengunyah
  • sering nyeri dalam waktu berlama-lama selama setidaknya beberapa menit setelah makan atau minum sesuatu yang panas atau dingin
  • gigi juga bisa terluka dan tidak akan terpengaruh oleh panas atau dingin, escpecially pada malam hari
  • sakit parah
  • pembengkakan gusi dekat gigi atau pembengkakan pada wajah

Pemeriksaan sebelum PSA dan prosedur nya

Prosedur Perawatan Saluran Akar ini selalu didahului dengan pemeriksaan komprehensif termasuk juga dengan bantuan X-ray. Jika sinar-X mengungkapkan ada nya peradangan di sekitar apeks akar maka perawatan saluran akar masih menjadi pilihan terbaik. Setiap saluran akar dibuka dan di steril oleh dokter gigi untuk menghilangkan pembuluh darah bersama dengan saraf sambil terus di bersihkan untuk menghilangkan risiko terinfeksi bakteri. Pemeriksaan sinar-X lebih jauh mengungkapkan saat pin mencapai apeks akar. Ketika mengisi kanal, adalah penting untuk menutup gigi yang terinfeksi. Jika infeksi gigi sudah terlalu parah, obat khusus akan ditempatkan di kanal gigi untuk mengurangi infeksi bakteri. Dalam hal ini kanal di Tambal Sementara (TS) dan pengisian permanen baru dapat di lakukan pada sesi kedua atau kunjungan berikut nya sesuai dengan janji dari Dokter.

Setelah perawatan saluran akar, gigi mungkin menjadi lebih sensitif terhadap tekanan pengunyahan dan berlangsung selama beberapa hari, karena sirkulasi darah tertutup oleh gigi yang di obati tersebut.